KPU Tolikara Tetapkan 30 Anggota DPRD Periode 2019-2024

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto: Saat penetapan hasil pemilu 2019
Bagikan:

Tolikara, LiraNews — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolikara, Papua, akhirnya menetapkan 30 calon terpilih anggota DPRD Tolikara periode 2019-2024. Pengumuman tersebut melalui rapat pleno terbuka di Aula GIDI Karubaga, Kabupaten Tolikara, Rabu (14/8/2019).

Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Tolikara sesuai keluarnya putusan Mahkama Konstitusi, tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KPU Tolikara Jundi Wanimbo, S.IP, dihadiri seluruh komisioner KPU Kabupaten Tolikara, Bawaslu Tolikara, perwakilan saksi partai politik, serta jajaran Forkopimda kabupaten Tolikara, serta TNI/Polri.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Tolikara Jundi Wanimbo, S. IP mengatakan secara Manusia sangat sulit di kendalikan di Daerah ini, karena sebelum pemilihan dilakukan banyak persepsi dan argumentasi yang muncul di Media serta Isu banyak tersebar Tolikara akan terjadi begini dan begitu.

Seperti Pemilu tahun sebelumnya tetapi semua Doa orang Toli, Pemda Tolikara, dan TNI/Polri telah menyatuhkan satu persepsi bekerja keras kendalikan situasi Tolikara dengan baik, sehingga Tolikara sampai detik ini aman terkendali.

“Bukti bahwa Intervensi Tuhan benar benar ada di Daerah ini terbukti hari ini kita tetapkan Calon terpilih,“ ujarnya.

Dikatakan hari ini merupakan hari terakhir KPU dan Bawaslu Kabupaten Tolikara semua pekerjaan yang kami lakukan sebagai penyelenggara maupun Bawaslu, Setiap Putara/I terbaik Tolikara telah terlibat langsung menjadi pelaku politik yang luarbiasa tetapi disekian orang hanya terpilih 30, yang terbaik dari terbaik, mereka adalah doa tulus dari Masyarakat dibalik gunung sana yang memberikan rekomendasi untuk duduk kursi perlemen lima tahun mendatang.

Pihaknya bersama anggota KPU Tolikara bersyukur kepada Tuhan kerana banyak tantangan yang kami hadapi, setelah pemilihan satu bulan lebih kami ada di Jakarta satu peristiwa yang terjadi yaitu proses hukum di MK.

Kita hadapi beberapa gugatan yang dilakukan oleh teman-teman merasa merugikan dengan hasil pileg yaitu DPR RI dari Partai Gerindra, PKB, PDIP dan juga gugat kami DPD RI Paulus Yohanis Sumino, DPRP Papua dari Partai Demokrat, PKPI, PPP, dan PSI dan untuk DPRD Tolikara gugut KPU Tolikara dari partai PBB, PDIP dan ada juga kepala suku besar pegunungan Papua Purnawirawan Paus Kogoya.

“Perjalanan cukup panjang yang lewati, kami telah mempertanggungjawabkan semua perbuatan kami sesuai bukti kerja, sedikitpun KPU tidak pernah berfikir memenangkan salah satu partai atau calon tapi kami kpu adalah lembaga penyelenggara, lembaga yang memberikan indepensi kepada setiap partai untuk memberikan terbaik,” terangnya.

“Di Tolikara tidak orang Papua, orang berambut lurus masuk caleg tapi semua orang Toli, sehingga memberikan yang terbaik, lakukan yang terbaik selamatkan orang Toli, orang Toli tidak mati sia-sia hanya Masalah Politik itu sudah terbukti,” ujarnya mengulangi sambutan saat pelantikan Penambahan anggota PPD.

Setelah putusan MK, KPU diberikan kesempatan 5 hari untuk pleno penetapan Kursi DPRD Terpilih sehingga kita baru tetapkan hari ini. Menindaklanjuti surat KPU Papua Nomor: 1116/PL.01.1-SD/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih Anggota DPRD Tolikara maka KPU Tolikara melaksanakan Rapat Pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih.

Adapun perolehan kursi partai politik, Nasdem memperoleh 9 kursi, Demokrat 7 kursi, PKB 6 kursi, PDI Perjuangan 1 kursi, Garuda 1 kursi, Perindo 3 kursi, PKPI 2 kursi, Golkar 1 kursi.

Berikut daftar nama calon terpilih anggota DPRD Tolikara:

Partai Nasdem : 1. Arson Wanimbo, 2. Epen Wonda, 3. Tegius Tabuni, 4. Gerson Narek, 5. Nuwen Wenda, 6. Tudin Yikwa, 7. Meki Wanimbo, 8.KeniusPagawak, 9.Duiron Penggu,

Partai Demokrat (PD) : 1. Lenas Wenda/Gire, 2. Dailes Lambe, 3. Yapinus Yikwa, 4. Letena Liwiya, 5. Yan Wenda, 6. Yohan Wanimbo, 7.Mendius Wenda

Partai PKB: 1. Abelbuluk Yikwa, 2. Yanus Kogoya, 3. Yendiles Towolom, 4. Otnal Wenda, 5. Daud Payokwa, 6.Peneas Tabuni

Partai Perindo : 1. Arson R. Kogoya, 2. Cimi Towolom, 3. Kinus Weya

Partai PKPI : 1. Samuel Weya, 2. Delly Narek

Partai PDI Perjuangan : 1. Meinus Wenda

Partai Garuda: 1. Yoel Gurik

Partai Golkar: 1. Akin Kogoya

Thu Aug 15 , 2019
Manokwari, LiraNews – KPU Papua Barat telah menetapkan 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat dari hasil pemilihan legislative (pileg) dalam pemilu 2019. Penetapan ini berdasarkan rapat pleno terbuka KPU Barat yang digelar di Aula KPU Papua Barat, Manokwari, Papua Barat, Selasa (13/8/2019). Rapat pleno terbuka dipimpin Ketua KPU […]