Perang Suku di Distrik Ilaga Berakhir

  • Whatsapp
banner 468x60

Puncak Jaya, LiraNews – Perang Suku yang terjadi antara kelompok Mom dan kelompok Hagabal di Distrik Ilaga Utara Kab. Puncak dan sudah berlangsung sejak lama akibat permasalahan di Kab. Mimika akhirnya menemui titik terang setelah Kapolres Puncak Jaya bersama para Muspida Kab. Puncak Jaya melaksanakan pertemuan dengan pihak yang bertikai, Rabu (7/8/2019).

Pelaksanaan kegiatan pertemuan sekaligus fasilitator terhadap kedua belah pihak yang bertikai dilaksanakan di halaman Kantor Distrik Ilaga Utara juga diikuti oleh Bupati Kab.Puncak Willem Wandik, SE M.Si, Wakil Bupati Puncak Pelinus Balinal, SE, Dandim 1714/Pj Letkol Inf. Agus Sunaryo, LO Kab.Puncak AKBP Hotman Hutabarat, Kapolsek Ilaga Iptu Menase Sayori, SE dan seluruh pejabat eselon II dan III Kab. Puncak.

Dalam sambutannya Kapolres Puncak Jaya AKBP Ary Purwanto, S.IK mengatakan, ”kami disini hanyalah memiliki satu tujuan yakni mendamaikan kedua kelompok yang sudah bertikai atau berperang selama 3 bulan akibat permasalahan yang terjadi di Kab.Mimika dan saya harapkan menyambut perayaan HUT RI ke-74 ini agar situasi di Kab. Puncak ini dapat segera kondusif dan terbebas dari perang suku.”

Lebih lanjut AKBP Ary Purwanto, S.IK mengatakan, ”kami juga memahami mengenai hukum adat yang berlaku di daerah pegunungan ini tetapi Hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tetap kami terapkan guna keamanan di Distrik Ilaga Kab.Puncak ini.”

”Dan terakhir saya menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya yang sedang bertikai agar segera menghentikan peperangan dan ciptakan rasam aman di wilayah masing-masing sehingga nantinya pembangunan dari Pemerintah Daerah akan terwujud,” tutup Kapolres Puncak Jaya. LN-RED

banner 300x250

Related posts

banner 468x60